Punya pertanyaan, kritik dan saran seputar Abang None Jakarta Pusat? Hubungi kami di info@abnonjakpus.org

Tuesday, September 10, 2013

Cerita dari Pemilihan Abang None Jakarta Pusat 2013 (Bagian 1)

Pemilihan Abang None Jakarta Pusat 2013 telah usai digelar bulan Mei lalu, namun ikatan yang terjalin di antara 15 pasang finalis abang dan none tersebut tidak usai pada malam final saja, namun berlanjut hingga sekarang bahkan lebih erat dibandingkan selama masa pemilihan lalu.

Sebelum membahas kegiatan Abang None selama masa tugas, ada baiknya kita melihat kembali perjalanan yang ditempuh 30 finalis selama masa karantina hingga malam final.

Jumat, 26 April 2013 merupakan hari pertama dari rangkaian seleksi tahun ini. Seleksi yang diikuti oleh sekitar 70 calon peserta abang dan 120 calon peserta none ini diselenggarakan di Ruang Serbaguna Walikota Jakarta Pusat.

Sebelum seleksi dimulai, para peserta mengikuti acara pembukaan yang dihadiri oleh H. Saefullah, Walikota Jakarta Pusat, beserta jajarannya. Pemukulan gong dan penyematan nomor peserta yang diwakilkan oleh sepasang peserta calon abang dan none menandakan dimulainya rangkaian pemilihan Abang None Jakarta Pusat 2013.



Penilaian pertama bagi para peserta dilakukan melalui focus group discussion (FGD) dimana mereka dikelompokkan per sepuluh orang untuk mendiskusikan dua buah topik yang diberikan panitia. FGD ini bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam berkomunikasi dan berpendapat mengenai berbagai isu ­–dari korupsi hingga ekonomi- dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.


Setelah seluruh peserta mendapatkan giliran diskusi, peserta dikumpulkan kembali untuk menanti hasil penilaian. Selama menunggu, dua pasang Abang None Jakarta Pusat 2012 hadir untuk memberikan informasi mengenai baju abang none serta encim sadariah serta membagikan pengalaman mereka selama bertugas setahun.

Acara hari pertama ditutup dengan pengumuman seratus besar semifinalis yang berhasil melanjutkan ke tahapan seleksi selanjutnya esok hari.




Sabtu 27 April 2013 merupakan hari kedua dan merupakan hari yang paling ditunggu oleh semifinalis abang dan none jakarta pusat karena pada hari tersebut para semifinalis akan bertemu dengan para juri dalam sesi wawancara individual.

Pada pukul 01.00 dini hari, akhirnya juri berhasil menentukan 15 pasang finalis Abang dan None untuk mengikuti pembekalan, latihan, serta kegiatan karantina lainnya.




Setelah resmi menjadi finalis, 30 peserta terpilih kemudian dipasangkan untuk menjadi pasangan Abang None selama masa karantina ke depan.

Berlanjut di artikel selanjutnya ya, Bang Non!

oleh Non Bella dan Non Adel

No comments:

Post a Comment