Punya pertanyaan, kritik dan saran seputar Abang None Jakarta Pusat? Hubungi kami di info@abnonjakpus.org

Monday, April 1, 2013

Bangun Kebersamaan Dengan Balada Kopaja 2013




Jakarta memang identik dengan panas. Tapi dengan insentif jutaan rupiah, siapa yang bisa menghentikan ratusan pelajar dan pemuda berlarian di tengah teriknya matahari kota Jakarta?

Hari Minggu (31/3), 20 tim dari SMA dan universitas di Jakarta berkompetisi untuk memenangi Balada Kopaja 2013 yang diselenggarakan oleh Ikatan Abang None Jakarta Pusat.

"Balapan dan Adu Konsentrasi Pemuda dan Pelajar Jakarta (Balada Kopaja) adalah sebuah kompetisi untuk mengadu pengetahuan pelajar dan pemuda Jakarta untuk mengenai wisata budaya dan sejarah Ibu Kota," kata Bang Jaka Pradipta, ketua acara Balada Kopaja 2013.

Kompetisi ini memiliki konsep seperti reality show The Amazing Race dimana peserta menjelajahi Jakarta dan mencoba memecahkan teka-teki sebelum diberi petunjuk mengenai destinasi berikutnya.

Balada Kopaja 2013 melibatkan 20 tim dari SMA dan universitas di Jakarta. Tiap institusi diwakilkan oleh lima orang peserta yang akan mengitari kota Jakarta. Mereka akan memperebutkan empat posisi utama yaitu Juara I, II, III dan Juara Favorit, dengan pemenang pertama mendapatkan hadiah sebesar 4 juta rupiah.

"Dengan mengadakan acara ini, kami berharap dapat meningkatkan wawasan, sense of belonging, dan minat pemuda dan pelajar Jakarta untuk lebih mengenal budaya Betawi dengan cara yang menyenangkan dan penuh gaya," lanjut Bang Jaka.

Acara dimulai pukul 8 pagi di kantor Suku Dinas Pariwisata Jakarta Pusat setelah dibuka oleh Walikota Jakarta Pusat H.M. Saefullah.

Panitia Abang None Jakarta Pusat memberikan masing-masing tim uang tunai sebesar Rp 120,000 sebagai modal kontestan untuk mengarungi tantangan ibu kota.

Para peserta langsung menyusun strategi untuk mendapatkan hadiah yang menggiurkan. Mereka berapi-api menelusuri pusat wisata dan kebudayaan di Jakarta Pusat dengan menggunakan transportasi umum, bahkan ada yang memamerkan kreatifitas bernyanyi dan mengamen agar diberi tumpangan gratis.

Titik-titik utama yang dijelajahi kontestan adalah Museum Nasional, Monumen Nasional, Pasar Baru, Lapangan Banteng, Tugu Proklamasi hingga Museum Taman Prasasti.

"Seru banget acaranya," ujar kontestan Raras Kumaralalita dari tim Radio Telekomunikasi Cipta Universitas Indonesia (RTC UI) yang berhasil menjadi juara pertama. "Dari Balada Kopaja ini, kami bisa meng-explore Jakarta dan tahu tempat-tempat bersejarah yang unik dan belum pernah didatangi sebelumnya."

"Yang paling berkesan adalah Museum Taman Prasasti. Aku nggak tahu kalo ada makam Soe Hok Gie di sana," lanjutnya. "Selain memperbanyak pengalaman bertemu teman-teman baru, acara ini juga menambah pengetahuan. Aku sering makan kue apek tapi nggak pernah tahu kalau itu berasal dari Betawi."

Sementara itu, SMA 87 dan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) sukses merebut Juara II dan III. Tim Lab School Kebayoran 1 (Labsky 1) meraih Juara Favorit karena sukses mencuri hati para juri dengan penampilan memukau nandak tari Betawi yang diiringi lagu khas Ondel-Ondel yang dipopulerkan oleh Benyamin Sueb.

Tertarik ikutan Balada Kopaja selanjutnya? Atau ingin gabung dengan Abang None Jakarta Pusat? Pantau terus www.abnonjakpus.org atau follow Twitter @abnonjakpus.

Teks: Bang Qowi
Foto: Bang Okky

No comments:

Post a Comment